Rahmayani, - (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMA KELAS XI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121047 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4133121047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 4133121047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM. 4133121047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 4133121047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4133121047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 4133121047 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4133121047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM. 4133121047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 4133121047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4133121047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan menggunakan media monopoli terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi fluida dinamis.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random class dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item dan lembar observasi afektif serta keterampilan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,00 dan kelas kontrol adalah 31,17 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 71,67 dan kelas kontrol adalah 51,50. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel (10,49>1,671), menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika dengan model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media monopoli lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 025 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT, PENGETAHUAN KONSEPTUAL, FLUIDA DINAMIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28591 |