PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMA KELAS XI T.P 2016/2017

Rahmayani, - (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMA KELAS XI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133121047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133121047 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133121047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133121047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133121047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133121047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133121047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133121047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133121047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133121047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133121047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133121047 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133121047 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133121047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133121047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133121047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133121047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133121047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133121047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133121047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133121047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan menggunakan media monopoli terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi fluida dinamis.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random class dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item dan lembar observasi afektif serta keterampilan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,00 dan kelas kontrol adalah 31,17 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 71,67 dan kelas kontrol adalah 51,50. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel (10,49>1,671), menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika dengan model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media monopoli lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 025
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT, PENGETAHUAN KONSEPTUAL, FLUIDA DINAMIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:04
Last Modified: 06 Mar 2018 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28591

Actions (login required)

View Item
View Item