SINAGA, LEUSI DERISMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KATERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIK DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133321022 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4133321022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 4133321022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4133321022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4133321022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4133321022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4133321022 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4133321022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4133321022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 4133321022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4133321022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Satatis di kelas XI semester I SMA Negeri 6 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-MIA semester I yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang berjumlah 37 siswa dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran lansung yang dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 12 soal yang telah valid untuk mengukur kerampilan proses sains siswa dan lembar observasi untuk aktivitas keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 23,51 dan kelas kontrol adalah 23,28.
Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 59 dan kelas kontrol 47,59. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh hasil thitung = 6,48 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap ketampilan proses sains fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 026 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Fluida Statik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28589 |