PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE

Gea, Winda Wandira (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133121059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133121059 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133121059 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133121059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133121059 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133121059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133121059 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133121059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133121059 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133121059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM NIM 4133121059 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM NIM 4133121059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133121059 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133121059 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133121059 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133121059 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133121059 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133121059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4133121059 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4133121059 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 4133121059 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4133121059 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[thumbnail of 12. NIM 4133121059 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4133121059 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 4133121059 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133121059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133121059 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133121059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133121059 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4133121059 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor, mengetahui pengaruh siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui ada tidaknya interaksi antara model PBL dengan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan kelas X- MS-2 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model PBL dan kelas X-MS-3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design dan menggunakan desain penelitian anava dua jalur. Instrumen pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda sedangkan instrumen hasil belajar berbentuk essai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar, dimana siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada pemahaman konsep rendah, dan tidak terdapat interaksi antara model PBL dan pemahaman konsep dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 027
Keywords: ROBLEM BASED LEARNING (PBL); PEMAHAMAN KONSEP; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:04
Last Modified: 20 Aug 2025 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28587

Actions (login required)

View Item
View Item