Gea, Winda Wandira (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121059 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4133121059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM 4133121059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 4133121059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM 4133121059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM NIM 4133121059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4133121059 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM 4133121059 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 4133121059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. NIM 4133121059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4133121059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor, mengetahui pengaruh siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui ada tidaknya interaksi antara model PBL dengan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan kelas X- MS-2 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model PBL dan kelas X-MS-3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design dan menggunakan desain penelitian anava dua jalur. Instrumen pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda sedangkan instrumen hasil belajar berbentuk essai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar, dimana siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada pemahaman konsep rendah, dan tidak terdapat interaksi antara model PBL dan pemahaman konsep dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 027 |
Keywords: | ROBLEM BASED LEARNING (PBL); PEMAHAMAN KONSEP; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28587 |