Jelita, Wilda Sari (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 067242 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311084_COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 1123311084_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 1123311084_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 1123311084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 1123311084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM. 1123311084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 1123311084_DAFTAR GRAFIK DAN GAMBAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM. 1123311084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 1123311084_BAB I.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
13. NIM. 1123311084_BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 1123311084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok cerita anak di kelas V SD Negeri 067242 Sunggal Tahun Ajaran 2017/2018.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067242 Sunggal yang berjumlah 37 orang siswa, yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi/evaluasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes.
Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan pada tes awal ditemukan dari 37 orang siswa yaitu yang tuntas hanya sebanyak 15 siswa dengan persentase sebesar (40,54%) dan siswa yang tidak tuntas adalah 22 siswa dengan persentase (59,46%) dengan nilai rata-rata sebesar 62,29 yang tergolong kategori rendah. Perolehan nilai pada siklus I dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) mengalami peningkatan yaitu sebanyak 23 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar (62,11%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase sebesar (37,84%) dengan nilai rata-rata sebesar 81,48 yang tergolong pada kategori baik. Dari perolehan nilai pada siklus I peneliti menindaklanjuti pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman yaitu siswa yang tuntas meningkat menjadi 34 siswa dengan persentase sebesar (91,89%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase sebesar (08,11%) dengan nilai rata-rata sebesar 81,48 yang tergolong pada kategori baik.
Dari hasil data yang diperoleh diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi cerita anak di kelas V SD Negeri 067242 Sunggal Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian disarankan agar guru menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 006 |
Keywords: | membaca; CIRC; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28551 |