AYU, HILDA MUTIARA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133121028 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 3133121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 3133121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 3133121028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 3133121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 3133121028 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 3133121028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 3133121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
12. NIM. 3133121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM. 3133121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan suatu proses pembelajaran sejarah dengan hasil belajar (nilai tes). Dalam penelitian ini akan mencoba untuk menggunakan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas konvensional agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS (IIS) SMA Sultan Iskandar Muda. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan control group pre test – post test design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas konvensional dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen.
Hasil post test soal sebelum menerapkan model mind mapping adalah diperoleh t_hitung sebesar 3,11 <ttabel = 0,32 (kemampuan yang sama) dan setelah menerapkan model mind mapping menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar sangat tinggi yaitu 90%, dan kelas konvensional sebesar 82% dan tergolong kriteria tinggi. Uji t variabel Y (hasil belajar sejarah siswa) di dapatkan t_hitung=3,11>ttabel =0,32 yang berarti ada perbedaan yang singnifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemebelajaran sejarah menggunakan model mind mapping lebih efektif dibanding pembelajaran tanpa menggunakan model (konvensional).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 012 |
Keywords: | Model Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LA History of education > LA5 General L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 16:59 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28539 |