Siregar, Darwin (2010) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 4 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
061188130031 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
061188130031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
061188130031 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
061188130031 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
061188130031 Bab V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
061188130031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenaiupaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam hal kepernimpinannya yang utama ditelaah, kemudian diidentifikasikan melalui deskripsi, sedangkan yang dianalisis mengenai upaya kepala sekolah dalam membina,membimbing,memotivasi bawahannya, dan mengelola sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran khususnya di SMA Negeri 4 Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptifkualitatif dimana peneliti sendiri menggali data dan informasi secara langsung dari narasumber yang representatif. Adapun yang menjadi subjek utama adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para guru, pegawai dan penunjang yang berada di lingkungannya. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokoumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dalam melaksanakan tugasnya kemudian kebenaran data yang dikumpulkan dengan pengujian lcredibilitas (validitas internal), transferabilitas (validitas eksternal), dan dependabilitas (realibilitas).Rumusan masalah penelitian yang diungkapkan, 1) Bagaimanakah upayakepala sekolah mengelolah sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran, 2) bagaimanakah upaya kepala sekolah dalam membina, membimbing, dan memotivasi bawahanya untuk meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran, dan 3) Bagaimanakah upaya kepala sekolah menerapkan kurikulum untuk meningkatkan mutu pelayanan pembelajaranHasil penelitian ini menunjukkan : (1) Upaya kepala sekolah mengelolasarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran, dengan cara : Perencanaan, Pengadaan ( perpustakaan, laboratorium IPA, olahraga dan seni,laboratorium komputer,komputer, Lap top/infolcus,internet, dan printer) ,Penyaluran atau Pendayagunaan, Pemeliharaan dan Pelaporan terhadap seluruh sarana prasarana sekolah (2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam membina, membimbing, dan memotivasi bawahannya untuk meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran, dengan cara :membina dan membimbing para bawahannya khususnya guru dengan cara mengadakan supervisi pengajaran, Melakukan teguran, kritikan, maupun saran untuk berbuat lebih balk dalam melaksanakan tugas, Kesadaran untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, dan memberikan saran dan memotivasi pada bawahan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengajar,dan (3) Upaya kepala sekolah menerapkan kurikulum untuk meningkatkan layanan pembelajaran, dengan cara: Penetapan guru-gurumengajar sesuai dengan keahliannya, Pembuatan perangkatpembelajaran,meningkatkan dan mengembangkan pengalaman mengajar guru-guru melauli; penataran-penataran bidang studi, pelatihan, lokakarya, pertemuan MGMP,mengoperasikan Lap top dalam pelaksanaan pembelajaran, dan program pertemuan rutin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.068 Sir s |
Keywords: | Sekolah; Kualitas pendidikan; Administrasi pendidikan; Kualitas pendidikan; Layanan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2794 |