EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sari, Sri Elfina (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133341003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133341003 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133341003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133341003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133341003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133341003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133341003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133341003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133341003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133341003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133341003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133341003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133341003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133341003 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133341003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133341003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133341003 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133341003 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133341003 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133341003 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133341003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133341003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas dan jumlah seluruhnya 180 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA5 yang terdiri dari 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen yang digunakan sebanyak 20 soal. Dari hasil analisis data diperoleh dari hasil belajar nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 55 dan nilai rata-rata tes akhir (post test) yaitu 81,42. Berdasarkan hasil data, efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 32 siswa tuntas (91,4%) dan 3 orang siswa tidak tuntas (8,6%). Tingkat penguasaan siswa yang menguasai 75% dari materi pencemaran lingkungan yaitu 81,42 % dari jumlah siswa, dan ketercapaian indikator yaitu sebesar 83,33%. Persen peningkatan hasil belajar (N-Gain) berada pada kategori sedang yaitu 0,62, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 190
Keywords: Group Investigation; Efektivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:56
Last Modified: 13 Dec 2017 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27715

Actions (login required)

View Item
View Item