Sari, Sri Elfina (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341003 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4133341003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM 4133341003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
4. NIM 4133341003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 4133341003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 4133341003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4133341003 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4133341003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 4133341003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 4133341003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 4133341003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas dan jumlah seluruhnya 180 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA5 yang terdiri dari 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen yang digunakan sebanyak 20 soal. Dari hasil analisis data diperoleh dari hasil belajar nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 55 dan nilai rata-rata tes akhir (post test) yaitu 81,42. Berdasarkan hasil data, efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 32 siswa tuntas (91,4%) dan 3 orang siswa tidak tuntas (8,6%). Tingkat penguasaan siswa yang menguasai 75% dari materi pencemaran lingkungan yaitu 81,42 % dari jumlah siswa, dan ketercapaian indikator yaitu sebesar 83,33%. Persen peningkatan hasil belajar (N-Gain) berada pada kategori sedang yaitu 0,62, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017 adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 190 |
Keywords: | Group Investigation; Efektivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27715 |