Aradipa, Fuzna (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133111025 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. 4133111025 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. 4133111025 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. 4133111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. 413311025 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. 4133111025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. 4133111025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. 4133111025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. 4133111025 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
10. 4133111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
14. 4133111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15. 4133111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS),
mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa terhadap kemampuan
komunikasi matematis dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas XI MIA-1 SMA Negeri 3 Binjai yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian
ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model
pembelajaran Think-Pair-Share pada materi program linear.
Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I
yaitu 64,80 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,44. Peningkatatan nilai ratarata
yaitu sebesar 20,64 dengan Gain Skor sebesar 0,50 yang berada pada kategori
sedang.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I
melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 23 siswa
(60,52%) dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah
tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II
diperoleh 33 siswa (86,84%) dari 38 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar
(nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar
26,12%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini
sudah memenuhi.
Pada siklus II, respon siswa yang mengikuti pembelajaran mengalami
peningkatan yaitu 88,16% yang awalnya pada siklus I diperoleh presentase respon
siswa dalam pembelajaran adalah 80,36%, maka dapat dikatakan bahwa respon
siswa dalam pembelajaran dengan model Think-Pair-Share adalah baik
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika
siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-
Pair-Share (TPS) pada program linear di kelas XI MIA-1 SMA Negeri 3 Binjai
T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 142 |
Keywords: | KOMUNIKASI MATEMATIS; TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:53 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27706 |