PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A 2017/2018

Nasution, Miftahul Rizka (2017) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133111036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133111036 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133111036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133111036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133111036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133111036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133111036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133111036 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133111036 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133111036 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133111036 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133111036 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133111036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133111036 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133111036 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133111036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133111036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133111036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133111036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133111036 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133111036 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 12 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL pada materi SPLDV
Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I \ diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar ( ). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar ( ). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,625%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 62,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,34. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 16,67 dengan Gain Skor sebesar 0,45 yang berada pada kategori sedang.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 148
Keywords: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:52
Last Modified: 13 Dec 2017 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27703

Actions (login required)

View Item
View Item