Nasution, Miftahul Rizka (2017) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111036 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4133111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM 4133111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM 4133111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM 4133111036 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 4133111036 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM 4133111036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. NIM 4133111036 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 4133111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM 4133111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM 4133111036 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 12 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL pada materi SPLDV
Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I \ diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar ( ). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar ( ). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,625%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 62,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,34. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 16,67 dengan Gain Skor sebesar 0,45 yang berada pada kategori sedang.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 148 |
Keywords: | KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, CTL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27703 |