Sianipar, Amin Natalina (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 SUNGGAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172004 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146172004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
3. NIM. 8146172004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 8146172004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM. 8146172004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 8146172004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 8146172004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 8146172004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
12. NIM. 8146172004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM. 8146172004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) Apakah motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih tinggi dari pada yang mendapat pembelajaran konvensional, (3) Bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis matematis pada pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 60 orang siswa. Siswa kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen, sebanyak 30 siswa dan siswa kelas XI IPA-6 sebagai kelas kontrol, sebanyak 30 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan berpikir kritis matematis dan angket motivasi belajar siswa. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis. Analisis data kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA). Analisis data motivasi belajar menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra lebih baik dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sia p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah berbantuan software geogebra; Pembelajaran konvensional; Kemampuan berpikir kritis matematis; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 04:07 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27580 |