Insyirah, Ratih (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN SISI PENCAK SILAT MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311035 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6133311035 TREATY.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM. 6133311035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 6133311035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 6133311035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 6133311035 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 6133311035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 6133311035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 6133311035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM. 6133311035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 6133311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tendangan sisi pencak silat melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 12 orang siswa putra dan 20 orang siswa putri.
Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan tendangan sisi pencak silat 9 siswa telah tuntas (28,125 %) dan 23 siswa tidak tuntas (71,875 %) dengan nilai rata-rata klasikal 28,125 %. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran tendangan sisi pencak silat melalui variasi pembelajaran, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (77,5), sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,50). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tendangan sisi pencak silat melalui variasi pembelajaran, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (45), sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (90). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan tendangan sisi pencak silat maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 12 siswa (37,50 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (62,50 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 37,50. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 28 siswa (87,50 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 87,50. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan sebanyak 50% dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tendangan sisi pencak silat pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 125 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani,Belajar Penjas,Pencak Silat, |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:27 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27334 |