Gultom, Wilfried Valenchiens (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123321053 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 4123321053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. NIM. 4123321053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4123321053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 4123321053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM. 41233321053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM. 4123321053 TABLE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM. 4123321053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9. NIM. 41233321053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 4123321053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 4123321053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor
di kelas X semester II SMA Katolik Tri Sakti Medan T.P 2016/2017. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Postest.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester
II di SMA Katolik Tri Sakti Medan T.P. 2016/2017 yang berjumlah 5 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari analisa data diperoleh rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas
eksperimen 44,90 pada kelas kontrol sebesar 45,19. Kedua kelas berdistribusi
normal karena Lhitung<Ltabel (0,1350<0,1593) dan homogen karena Fhitung< Ftabel
(1,03<1,84). Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 0,17. Pada taraf
nyata α= 0,05 diperoleh tabel t =2,00 ( hitu n g t < ta bel t ) yang berarti Ho diterima,
sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama
dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol.
Untuk postest diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 68,48 dan
pada kelas kontrol sebesar 56,9. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal
dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 5,94. Pada taraf nyata α =
0,05 diperoleh tabel t = 2,66 ( hitu ng t > tabel t ) yang berarti Ha diterima,
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa dikelas
eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai
68,48 dan 56,9. sehingga pada hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t)
satu pihak dengan Ha sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Katolik Tri Sakti Medan T.P.
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 215 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH; HASIL BELAJAR; KONVENSIONAL; SUHU DAN KALOR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27292 |