Yolanda, Ruri Yana (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XII SMK AKP GALANG T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131111044 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. 4131111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. 4131111044 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. 4131111044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
5. 4131111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. 4131111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. 4131111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
8. 4131111044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
9. 4131111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
10. 4131111044 BAB I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
14. 4131111044 BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
15. 4131111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas XII SMK AKP Galang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Statistika. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TKJ-1 SMK AKP Galang T.A. 2017/2018 yang berumlah 28 siswa.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi awal, tes awal kepada siswa untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil observasi awal kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek mendengar hanya 8 dari 28 siswa yang memperoleh nilai baik, 7 siswa pada aspek membaca dan 5 siswa pada aspek diskusi. Hasil analisis data tes awal pada aspek representasi terdapat 32,15% siswa memperoleh nilai minimal cukup, dan pada aspek menulis 39,285% dari 32 siswa. Kemampuan tersebut masih tergolong perlu untuk ditingkatkan.
Dalam kegiatan belajar siswa pada siklus I, diperoleh peningkatan pada aspek representasi dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I yaitu 68,18 dan pada siklus II menjadi 83,33. Peningkatan pada aspek menulis diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 69,44 dan pada siklus II menjadi 82,5. Begitu juga peningkatan banyak siswa dari hasil observasi terhadap aspek mendengar pada siklus I sekitar 57,142% siswa berada pada minimal kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 75%. Peningkatan pada aspek membaca diketahui dari jumlah siswa mencapai 60,714% berada pada kriteria minimal baik di siklus I dan meningkat menjadi 67,857% pada siklus II. Sedangkan aspek diskusi pada siklus I mencapai 57,142% siswa berada pada kriteria baik dan meningkat menjadi 71,428% siswa pada siklus II. Hal tersebut menunjukan kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari tes awal, siklus I, dan berakhir pada siklus II
Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write pada materi Statistika di kelas XII TKJ-1 SMK AKP Galang T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 139 |
Keywords: | Komunikasi Matematis,Pembelajaran Kooperatif,Write |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:41 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27239 |