MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018

Mardhatillah, Putri Suci (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4131111033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4131111033 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4131111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4131111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4123111043 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. 4123111043 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4131111033 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4131111033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4131111033 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 4131111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4131111033 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. 4131111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4131111033 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 4131111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4131111033 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. 4131111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4131111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 4131111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4131111033 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 4131111033 BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4131111033 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 4131111033 BAB V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4131111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 4131111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui upaya yang dilakukan untuk
meningkatan hasil belajar matematika pada siswa setelah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament), (2) peningkatan hasil
belajar matematika pada siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-1 yang berjumlah 38 siswa. Objek
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus. Pada siklus I hasil belajar matematika siswa dalam kategori sedang, yaitu nilai
rata-rata 72,71 dengan 21 dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan belajar 75 dan
ketuntasan klasikal 55,26%, sehingga pembelajaran dilanjutkan ke siklus II.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
tersebut adalah (a) Memvariasikan model pembelajaran dengan alat peraga “Blok
Pecahan” dan media Power Point untuk mengatasi kekuragpahaman siswa. (b)
Membentuk kelompok belajar (kemampuan heterogen). (c) Mengadakan game
turnamen berdasarkan tingkat kemampuan siswa masing-masing. (d) Memberikan
pujian dan penghargaan atas peningkatan sekecil apapaun yang dialami siswa. Setelah
diberikan upaya perbaikan pembelajaran, pada siklus II hasil belajar matematika
siswa dikategorikan tinggi yaitu nilai rata-rata 81,47 dengan 34 dari 38 siswa telah
mencapai ketuntasan belajar 75 dan ketuntasan klasikal tercapai yaitu sebanyak
89,47%, maka tindakan dihentikan.
Berdasarkan hasil tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II disimpulkan bahwa
dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament), dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan dapat dilihat pada
pertambahan nilai rata-rata sebesar 8,76 dengan pertambahan jumlah ketuntasan
belajar 75 sebanyak 13 siswa dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 34,21%.
Berarti terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan
dimana hasil belajar siklus II lebih baik dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams
Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan
kubus dan balok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 177
Keywords: HASIL BELAJAR MATEMATIKA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:09
Last Modified: 20 Nov 2017 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item
View Item