KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP STUDI PERBEDAAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN QUANTUM TEACHING DI SMP MUHAMMADIYAH 61 TANJUNG SELAMAT

Harnum, Farida (2017) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP STUDI PERBEDAAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN QUANTUM TEACHING DI SMP MUHAMMADIYAH 61 TANJUNG SELAMAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4132111009 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4132111009 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4132111009 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4132111009 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4132111009 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4132111009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4132111009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4132111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4132111009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4132111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4132111009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4132111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4132111009 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4132111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4132111009 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4132111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4132111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4132111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM. 4132111009 BAB I.pdf]
Preview
Text
10 NIM. 4132111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4132111009 BAB V.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4132111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM. 4132111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM. 4132111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan diambil kelas VII-B sebagai kelas eksperimen A dengan jumlah siswa 30 orang, serta kelas VII-C sebagai kelas eksperimen B dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian yaitu pretest dan postest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan berbeda yaitu kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) dan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching diperoleh nilai rata-rata postest 81,33 untuk kelas eksperimen A dan 73,9 untuk kelas eksperimen B. Hasil uji hipotesis memberikan nilai thitung = 2,622 dan ttabel = 1,6723 dengan dk = 58 dan taraf signifikan sehingga terlihat bahwa yang berarti bahwa bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengujian tersebut disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 186
Keywords: PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:04
Last Modified: 20 Nov 2017 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item
View Item