Harnum, Farida (2017) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP STUDI PERBEDAAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN QUANTUM TEACHING DI SMP MUHAMMADIYAH 61 TANJUNG SELAMAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4132111009 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2 NIM. 4132111009 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3 NIM. 4132111009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4 NIM. 4132111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5 NIM. 4132111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6 NIM. 4132111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7 NIM. 4132111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8 NIM. 4132111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9 NIM. 4132111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
10 NIM. 4132111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
14 NIM. 4132111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
15 NIM. 4132111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan diambil kelas VII-B sebagai kelas eksperimen A dengan jumlah siswa 30 orang, serta kelas VII-C sebagai kelas eksperimen B dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian yaitu pretest dan postest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan berbeda yaitu kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) dan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching diperoleh nilai rata-rata postest 81,33 untuk kelas eksperimen A dan 73,9 untuk kelas eksperimen B. Hasil uji hipotesis memberikan nilai thitung = 2,622 dan ttabel = 1,6723 dengan dk = 58 dan taraf signifikan sehingga terlihat bahwa yang berarti bahwa bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengujian tersebut disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 186 |
Keywords: | PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:04 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27185 |