PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENEMUAN TERBIMBING DI MTSN 2 PADANGSIDIMPUAN

Matondang, Syarif Hidayat (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENEMUAN TERBIMBING DI MTSN 2 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172044 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 8156172044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 8156172044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172044 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172044 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172044 TABLES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172044 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156172044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156172044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172044 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (2) perbedaan kemampuan disposisi matematis siswa antara yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (3) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 675 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 86 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol berjumlah 43 siswa melalui teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (2) terdapat perbedaan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Mat p
Keywords: Berbasis masalah Penemuan terbimbing; Pemahaman konsep; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:20
Last Modified: 21 Nov 2017 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item
View Item