Matondang, Syarif Hidayat (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENEMUAN TERBIMBING DI MTSN 2 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172044 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2.NIM. 8156172044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. NIM. 8156172044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8156172044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM. 8156172044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 8156172044 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 8156172044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 8156172044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
12. NIM. 8156172044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM. 8156172044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (2) perbedaan kemampuan disposisi matematis siswa antara yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (3) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 675 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 86 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol berjumlah 43 siswa melalui teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (2) terdapat perbedaan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan penemuan terbimbing, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa, (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mat p |
Keywords: | Berbasis masalah Penemuan terbimbing; Pemahaman konsep; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27140 |