Wulandari, Catur Ayu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERI DI KELURAHAN SIUMBUT-UMBUT KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122003 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM. 8156122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 8156122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 8156122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM. 8156122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8156122003 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 8156122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 8156122003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 8156122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 8156122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang dibelajarkan dengan model jigsaw lebih tinggi daripada hasil belajar pendidikan agama Islam yang menggunakan model make and match, (2) Apakah hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang memiliki komunikasi interpersional tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar pendidikan agama Islam yang memiliki komunikasi interpersional rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa.
Penelitian ini dilakukan pada siswa SD Negeri 013849 dan siswa SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan masing-masing terdiri dari 30 untuk kelas ekperimen pertama dan 30 orang untuk kelompok ekperimen kedua. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan factorial 2 x 2. Teknik analisa yang digunakan adalah analis varians dua jalur dengan taraf signifikan α = 5% dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Pendidikan agama Islam siswa yang ajar dengan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi daripada pembelajaran model Make and Match dengan nilai Fhitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 12.94 > FTabel 4,00, (2) hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang memiliki Komunikasi Interpersonal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah dengan nilai Fhitung = 11.86 > Ftabel = 4,00, (3) terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel. Fhitung = 10,39 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, maka semakin tinggi hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, atau semakin tinggi komunikasi interpersonal siswa dengan model Jigsaw, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa interaksi antara model pembelajaran dan komunikasi interpersonal akan memberikan dampak positif dalam hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.84 Wul p |
Keywords: | Model pembelajaran; Komunikasi interpersonal; Hasil belajar; Pendidikan agama islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27129 |