Sari, Ade Permata (2017) MISKONSEPSI DAN SUMBER INFORMASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141001 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 4122141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM. 4122141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 4122141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 4122141001TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 4122141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 4122141001 TABLES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. NIM. 4122141001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 4122141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 4122141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 4122141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan sumber informasi miskonsepsi siswa di SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2017/2018. Miskonsepsi siswa pada materi pokok ekosistem dianalisis dengan menggunakan intrumen tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (Certainty of respons index, CRI). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang telah mempelajari materi pokok ekosistem. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling dengan jumlah 33 siswa berasal dari kelas XI MIA-1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata miskonsepsi siswa pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 SunggalT.P. 2017/2018 yaitu sebanyak 32,21% dikategorikan hampir setengahnya mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi siswa berdasarkan indikator pada materi pokok ekosistem yang paling banyak di SMA Negeri 1 Sunggal terdapat pada indikator tentang mengidentifikasi pengertian ekologi sebagai ilmu sebanyak 42,42% dikategorikan hampir setengahnya. Sumber informasi yang menyebabkan miskonsepsi siswa paling banyak berasal dari Buku yaitu sebanyak 58,68%. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi pelajaran pokok ekosistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 171 |
Keywords: | Miskonsepi Siswa, Sumber Informasi, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27112 |