Alda, Weny (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PROSEDURAL BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDSEO ANIMASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4132141029 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. 4132141029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. 4132141029 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. 4132141029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. 4132141029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. 4132141029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. 4132141029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. 4132141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9. 4132141029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
10. 4132141029 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. 4132141029 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. 4132141029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pengetahuan prosedural biologi siswa yang diajar menggunkan Media Video Animasi dengan Media Gambar pada materi pokok Perubahan Lingkungan yang dilakukan di kelas X MIA SMA N 19 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 19 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas Video Animasi (X MIA 1) sebanyak 33 orang dan untuk kelas Gambar (X MIA 2) sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukan hasil nilai pretest kelas Video (52,12) dan pretest Gambar (46,68). Sedangkan hasil nilai postest Video Animasi (80) dan postest Gambar (74,34). Hasil uji t-test diperoleh thit > ttab yaitu 2,49 > 2,03, dengan taraf signifikan α = 0,05, jadi Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar pengetahuan prosedural biologi siswa yang diajar menggunakan media Video Animasi dengan Gambar, dimana pembelajaran Video Animasi lebih baik digunakan pada materi pokok perubahan lingkungan di kelas X MIA SMA N 19 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 196 |
Keywords: | Media Video Animasi dengan Media Gambar; Pengetahuan prosedural |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:11 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27095 |