Mahulae, Jefri Firdaus (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141036_COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 4133141036_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM 4133141036_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM 4133141036_ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM 4133141036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 4133141036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM 4133141036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4133141036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 4133141036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
10. NIM 4133141036_BAB I.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4133141036_BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. NIM 4133141036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa
yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Direct
Instruction (DI) pada Sel di kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental). Populasinya
adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan 2
kelas sampel yang diambil secara purposive sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas XI
IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Alat
pengumpul data berupa Tes Kemampuan Berpikir Kritis Watson-Glaser. Hasil analisis data
menunjukkan thitung> ttabel (3,0 > 1,991) dimana rata-rata post test siswa dengan
menggunakan model DI X1 = 71,15 dengan SD = 8,63 dan PBL sebesar X2 = 76,82 dengan
SD = 7,63. Sehingga dapat dilihat bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan
menggunakan model DI (X1 = 71,15,) dan model PBL (X2 = 76,82).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 216 |
Keywords: | Model PBL, model DI, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:02 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27078 |