Rajagukguk, Jimmy Barnanda (2017) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA PARULIAN 1 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341033 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4133341033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM 4133341033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 4133341033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. NIM 4133341033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 4133341033 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 4133341033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4133341033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 4133341033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM 4133341033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 4133341033 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan Project Based Learning (PjBL) pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Parulian 1 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian observation only group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 99 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas. Keterampilan proses sains yang diteliti meliputi keterampilan observasi, klasifikasi, berkomunikasi, mengajukan pertanyaan, dan interpretasi data. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase keterampilan proses sains siswa kelas PBL 75,39 ± 7,63 dan pada kelas PjBL 67,50 ± 7,18. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,233 > 1,534). Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan tetapi tidak berbeda nyata antara keterampilan proses sains siswa di kelas PBL dengan kelas PjBL pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 220 |
Keywords: | KETERAMPILAN PROSES SAINS; PROBLEM BASED LEARNING; PROJECT BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:00 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27074 |