Habeahan, Hayeni A. (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141029 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 4133141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 4133141029 BIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 4133141029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM. 4133141029 PREFACE.PDF - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 4133141029 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM. 4133141029 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 4133141029 TABLES.PDF - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 4133141029 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (85kB) | Preview
10. NIM. 4133141029 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 4133141029 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (89kB) | Preview
15. NIM. 4133141029 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada pokok bahasan struktur dan fungsi sel dikelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest control group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t., dan uji keterampilan proses sains siswa. Rata-rata hasil perhitungan keterlaksanaan keterampilan proses sains, pada kelas eksperimen sebesar 70 dengan kategori baik sedangkan pada kelas kontrol didapat rata-rata keterlaksanaan keterampilan proses sains sebesar 41 degan kategori kurang. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan thitung (7,37) > ttabel (1,98). Berdasarkan hasil postest, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 90,36 dan kelas kontrol 72,16. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan thitung (6,37) > ttabel (1,98). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 233 |
Keywords: | Model Pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind mapping, Hasil belajar, dan Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27062 |