Fadhilah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATANAMA SENYAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131019 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 4131131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
3. NIM. 4131131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
4. NIM. 4131131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
5. NIM. 4131131019 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM. 4131131019 TABELS.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM. 4131131019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
8. NIM. 4131131019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
9. NIM. 4131131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
13. NIM. 4131131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM. 4131131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa
melalui penerapan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis
Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil
belajar melalui penerapan model pembelajaran konvensional K13 dan aspek kognitif
manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan model di kelas eksperimen
pada pokok bahasan tatanama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA
Negeri 2 Lubuk Pakam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara
proposif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai eksperimen yang
dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis
Lesson Study dengan Macromedia Flash dan satu kelas kontrol yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran konvensional K13. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen tes sebanyak 15 soal dengan reliabilitas 0,551. Berdasarkan hasil uji
statistik parametrik, data hasil pretest, postest, dan gain ternormalisasi (N-gain) pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji
hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung >
ttabel yakni 9,10 > 1,99, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian
peningkatan hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT
(Numbered Head Together) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash (81,74
%) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional (64,95 %). Aspek kognitif yang paling terkembangkan pada kelas
eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head
Together) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash pada materi tatanama
senyawa adalah aspek kogitif pemahaman (C2) sebanyak 86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 195 |
Keywords: | Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) ; Lesson Study ; Macromedia Flash ; Peningkatan Hasil Belajar ; Tatanama Senyawa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26884 |