Situmorang, Suryani S (2017) PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331053 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 4133331053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM 4133331053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 4133331053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM 4133331053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 4133331053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM 4133331053 TABLES.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8. NIM 4133331053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM 4133331053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
13. NIM 4133331053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4133331053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar siswa, melalui pembelajaran Guided Discovery Learning dengan menggunakan media Peta Konsep dan Macromedia Flash, pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di Kelas XI-IA SMA Katolik Asisi Pematangsiantar. Sampel penelitian diambil secara total sampling sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan non tes (angket). Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, uji hipotesis (uji t dua pihak), uji korelasi dan penilaian instrumen non tes. Data yang digunakan sudah melalaui tahap normalitas dan homogenitas. Persentase Gain untuk kelas Eksperimen I adalah 72,05% dan kelas Eksperimen II adalah 80,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning menggunakan Peta Konsep dan Macromedia Flash, hal ini dibuktikan t-hitung = 2.333 > t-tabel 2.016, (2) Ada perbedaan peningkatan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning menggunakan Peta Konsep dan Macromedia Flash, diperoleh t-hitung = 2.692 > t-tabel 2.016, (3) Ada korelasi positif antara hasil terhadap minat belajar di kelas eksperimen I, diperoleh rhitung = 0.842 > rtabel = 0.413 dan ada korelasi positif antara hasil terhadap minat belajar di kelas eksperimen II, dengan rhitung = 0.794 > rtabel = 0.404.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 203 |
Keywords: | Guided Discovery Learning, Media Peta Konsep, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:24 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26876 |