Putri, Ismi Ariska (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI MEDIA LKS DAN KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331012 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM. 4133331012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM. 4133331012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM. 4133331012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 4133331012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4133331012 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 4133331012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 4133331012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM. 4133331012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 4133331012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM. 4133331012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi media LKS dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dilengkapi media kartu soal pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Perdagangan tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan pengambilan sampel secara random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas ekperimen I dan XI IPA 3 sebagai kelas ekperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa disusun dalam bentuk tes objektif dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah diuji validitasnya. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa hasil belajar di kelas eksperimen I sebesar 84,39 dan kelas eksperimen II sebesar 83,33 dengan selisih 1,06 %. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis mengenai hasil belajar siswa dengan taraf sig. 0,05 diperoleh data ttabel yaitu 0,003 > 005, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak yaitu Ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dilengkapi media LKS dan katu soal pada pokok bahasan larutan penyangga, sehingga dapat dikatan dari hasil temuan peneliti bahwasannya media LKS lebih efektif dari pada media kartu soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 215 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MEDIA LKS, MEDIA KARTU SOAL, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, LARUTAN PENYANGGA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:19 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26866 |