IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MIND MAP TERHADAP PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOLOID

Lestari, Ruth (2017) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MIND MAP TERHADAP PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133331058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133331058 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133331058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133331058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133331058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133331058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133331058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133331058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133331058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133331058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133331058 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133331058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133331058 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133331058 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133331058 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133331058 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133331058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133331058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133331058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133331058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133331058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133331058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan model CTL menggunakan macromedia flash dan mind map terhadap peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Sistem Koloid. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA sebanyak 7 kelas di SMA Negeri 14 Medan T.A 2016/2017. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas. Kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan model CTL menggunakan macromedia flash dan kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan model CTL menggunakan mind map. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Kemudian untuk aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu 0,83 ± 0,095 dan pada kelas eksperimen II yaitu 0,72 ± 0,11, serta diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen I yaitu 64,97 ± 7,30 dan pada kelas eksperimen II yaitu 60,75 ± 8,66. Analisis data tersebut berdasarkan uji independent sample t-test dan uji Pearson Correlate dengan Software SPSS 22 pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model CTL menggunakan macromedia flash dan model CTL menggunakan mind map, 2) ada perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas siswa yang dibelajarkan melalui model CTL menggunakan macromedia flash dan model CTL menggunakan mind map, serta 3) tidak ada korelasi yang signifikan antara peningkatan aktivitas dengan hasil belajar kimia siswa pada materi Sistem Koloid dengan menerapkan model CTL menggunakan macromedia flash dan model CTL menggunakan mind map.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 224
Keywords: MODEL CTL, MEDIA MACROMEDIA FLASH, MEDIA MIND MAP, PENINGKATAN HASIL BELAJAR, DAN AKTIVITAS SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:15
Last Modified: 30 Oct 2017 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26857

Actions (login required)

View Item
View Item