Sihombing, Astried Sarah (2017) PERBANDINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI DEMONSTRASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KONSEP REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131006 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 4133131006 APPROVAL SHEET.pdf 2.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM. 4133131006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 4133131006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 4133131006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 4133131006 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7. NIM. 4133131006 ILUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 4133131006 APENDICS.pdf.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM. 4133131006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13. NIM. 4133131006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM. 4133131006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran (Problem Based Learning) PBL disertai demonstrasi dan model pembelajaran PBL dengan media audio visual video pembelajaran pada materi pokok bahasan Konsep Redoks. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN-1 Lubuk Pakam sejumlah 6 kelas. Sampel diambil dari populasi secara proposive sampling sebanyak 2 kelas . Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksprimen I dan MIA 6 kelas eksperimen II. Sampel eksperimen I dan II masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen test yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah valid dan reable dengan t hit. = 2,35 dan ttab. = 2,0021 pada α = 0,05 dan db = 58; diperoleh daerah kritis pada : t < -2,0021 dan t > 2,002. Di kedua kelas diberikan perlakuan yang sama pre- test dan post-test. Uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok sampel diperoleh kelompok sampel yang homogen dan terdistribusi normal. Hasil rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperiment I dan II berturut-turut : kelas eksperimen I : 21,00 dan 79.50; kelas eksperimen II : 28,50 dan 75,67. Perbandingan hasil belajar siswa dilihat dari nilai peningkatan hasil belajar (gaint). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran PBL disertai demonstrasi dan model pembelajaran PBL disertai media audio visual pada pokok bahasan Konsep Redoks memiliki perbedaan dengan gaint 8 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 241 |
Keywords: | Demonstrasi;Hasil Belajar;PBL;Video Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:11 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26840 |