Ulfah, Warniatu (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191019 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 8156191019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM 8156191019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8156191019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 8156191019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 8156191019 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM 8156191019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8156191019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156191019 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM 8156191019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM 8156191019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman pada siswa kelas XI SMA Negeri Unggul Aceh Timur. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) dirujuk pada model Borg & Gall yang dikemukakan oleh Wina Sanjaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 89,84% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, dan penilaian bahasa dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 92,08% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 89,17% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 76,39% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,94% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 92,77% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 77,66, sedangkan hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 90,15. Selisih yang diperoleh sebesar 12,49 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksplanasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis pengalaman. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu siswa dapat lebih mudah mengembangkan ide berdasarkan pengalaman dalam kegiatan menulis teks eksplanasi. Guru-guru Bahasa Indonesia memberikan respon baik terhadap bahan ajar berbentuk modul yang dikembangkan, sehingga modul dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Modul yang telah dikembangkan dapat menjadi masukan dan perbandingan dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap tujuan lembaga maupun tujuan pendidikan nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Ulf p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan ajar; Teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 16:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26816 |