Hannasari, Rinapril (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIK INCUIRY MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMP NEGERI 1 BATANGTORU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156176020 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. 8156175020 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. 8156176020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. 8156176020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. 8156176020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 8156176020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. 8156176020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. 156176020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 8156176020 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. 8156176020 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. 8156176020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis apakah keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan peta konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional (2) Menganalisis apakah keterampilan proses sains pada siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata dan (3) Menganalisis apakah ada interaksi antara model scientific inquiry menggunakan peta konsep dengan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan peta konsep dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan peta konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) keterampilan proses sains pada siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata dan (3) ada interaksi antara model scientific inquiry menggunakan peta konsep dengan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Han e |
Keywords: | Model Pembelajaran; Scientific Inquiry; Peta Konsep; Sikap Ilmiah; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 14:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26806 |