EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIK INCUIRY MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMP NEGERI 1 BATANGTORU

Hannasari, Rinapril (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIK INCUIRY MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMP NEGERI 1 BATANGTORU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8156176020 SAMPUL.pdf]
Preview
Text
1. 8156176020 SAMPUL.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8156175020 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. 8156175020 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8156176020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 8156176020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8156176020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 8156176020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8156176020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 8156176020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8156176020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 8156176020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8156176020 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 8156176020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. 156176020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 156176020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8156176020 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 8156176020 BAB I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8156176020 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 8156176020 BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8156176020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 8156176020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis apakah keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan peta konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional (2) Menganalisis apakah keterampilan proses sains pada siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata dan (3) Menganalisis apakah ada interaksi antara model scientific inquiry menggunakan peta konsep dengan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan peta konsep dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan peta konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) keterampilan proses sains pada siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata dan (3) ada interaksi antara model scientific inquiry menggunakan peta konsep dengan sikap ilmiah terhadap keterampilan proses sains pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Han e
Keywords: Model Pembelajaran; Scientific Inquiry; Peta Konsep; Sikap Ilmiah; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 14:22
Last Modified: 23 Oct 2017 07:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26806

Actions (login required)

View Item
View Item