Purba, Esron P. (2017) ANALISIS KESULITAN PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172060 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8156172060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM 8156172060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM 8156172060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 8156172060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 8156172060 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 8156172060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM 8156172060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
12. NIM 8156172060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
13. NIM. 8156172060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 2) deskripsi proses jawaban siswa dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 3) kesulitan proses berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL); 4) aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, lembar observasi aktivitas aktif siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan pedoman wawancara. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk lima pertemuan. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis sudah valid untuk setiap butir soal dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sama dengan 0,718. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 50 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 38%, kemampuan berpikir kreatif ‘rendah’ sebanyak 4%, kemampuan berpikir kreatif ‘sedang’ sebanyak 42%, kemampuan berpikir kreatif ‘tinggi’ sebanyak 12%, dan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat tinggi’ sebanyak 4%; pada tahap persiapan, siswa telah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berpikir, mencari jawaban, bertanya kepada orang, dan sebagainya; pada tahap inkubasi, kegiatan mencari dan menghimpun data/informasi; pada tahap iluminasi, menimbulkan adanya gagasan baru; hingga pada tahap verifikasi/evaluasi, pengerjaan LAS terisi dengan benar serta pembelajaran berjalan dengan lancar; analisis kesulitan proses berpikir kreatif matematis penelitian ini adalah kesulitan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal bersamaan dengan kekurangmampuan merinci pemecahan masalah yang ditandai dengan adanya kesulitan prinsip dan prosedur yang meliputi ketidakmampuan merencanakan penyelesaian; ketidakmampuan melakukan kegiatan penemuan; ketidakmampuan mengabstraksikan pola-pola, ketidakmampuan mengutarakan artinya dan tidak dapat menerapkan prinsip. Di samping itu juga, adanya ketidakmampuan memberikan banyak ide, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, dan ketidakmampuan mengembangkan atau merinci secara detil suatu situasi; keseluruhan prosentase aktivitas aktif siswa sudah berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) khususnya dalam proses berpikir kreatif matematis memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi berbagai macam jawaban maupun cara penyelesaian dengan memperhatikan aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pur a |
Keywords: | Proses berpikir kreatif matematis; Model problem based learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 10:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26802 |