Roni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 11 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141037 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 7132141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM. 7132141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM. 7132141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 7132141037 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
5. NIM. 7132141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM. 7132141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 7132141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM. 7132141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 7132141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dan belajar mandiri siswa terhadap hasil belajar mandiri siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan.
Penelitian ini menggunakan metode rendom sampling pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari empat (4) kelas, dan ampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari empat (4) kelas kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 140 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil analisis data yang dperoleh dengan model pembalajaran problem solving, hipotesis 1 bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem solving lebih tinggi dibanding dengan model konvensional, hipotesis 2 Terdapat interaksi atau hubungan antara model pembelajaran problem solving dan metode konvensional dengan hasil belajar ekonomi , hipotesis 3 bahwa siswa yang memiliki belajar mandiri tinggi dengan model problem solving memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang memiliki belajar mandiri tinggi dengan metode konvensional, dan hipotesis 4 bahwa siswa yang memiliki belajar mandiri rendah dengan model problem solving memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang memiliki belajar mandiri rendah dengan metode konvensional.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem solving dan belajar mandiri terhadap hasil belajar siswa ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 132 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING, BELAJAR MANDIRI, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26737 |