PENGARUH MODEL INQUIRY DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI T.P. 2016/2017

Pelawi, Sony Claudya (2017) PENGARUH MODEL INQUIRY DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133141076 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133141076 COVER.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133141076 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133141076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133141076 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133141076 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133141076 ABTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133141076 ABTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133141076 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133141076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133141076 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133141076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133141076 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133141076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133141076 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133141076 TABLES.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133141076 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133141076 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133141076 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133141076 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4133141076 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4133141076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Inquiry Dikombinasikan Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T.P. 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah seluruhnya 270 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random sampling) yaitu kelas X4 sebagai kelas kontrol dan X5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 43 dan 40 orang. Dari hasil analisis data terlihat bahwa ada pengaruh model Inquiry dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar da keterampilan proses sains siswa (KPS). Dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eskperimen sebesar 78,08 dan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 78,00 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 54,93 dan nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 53,70. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab ( 1,78 > 1,66) dan untuk keterampilan proses sains siswa thit > ttab ( 7,98 > 1,66). Sehingga dapat disimipulkan bahwa model inquiry dikombinasikan dengan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa di SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T.P. 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 165
Keywords: INQUIRY; MIND MAPPING; PENGARUH; HASIL BELAJAR; KPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General)
Q Science > QC Physics > QC801 Geophysics. Cosmic physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2017 09:07
Last Modified: 11 Oct 2017 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26725

Actions (login required)

View Item
View Item