Mahrani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK N 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123342021 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5123342021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 5123342021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM. 5123342021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 5123342021 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM. 5123342021 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 5123342021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 5123342021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
12. NIM. 5123342021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM. 5123342021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)) pada pelajaran Boga Dasar ; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar ; (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X¹ berjumlah 30 orang dan kelas X² yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 60 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Boga dasar termasuk kategori cenderung cukup sebesar 83 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Conetextual Teaching and Learning dengan nilai (Xhitung = 4,80 < Xtabel = 11,07), dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu (Xhitung = 3,86 < Xtabel = 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai F_(hitung )= 1,07 dan F_(tabel )= 4,20, maka dapat disimpulkan F_(hitung )<F_(tabel )(1,07< 4,20 ) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Boga dasar dengan nilai t_(Hitung )> t_(Tabel )(6,87>1,661) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 045 |
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Boga dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 13:30 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26670 |