Simaremare, Idola Febrianitri (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133141031 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. 4133141031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. 4133141031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. 4133141031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. 4133141031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 4133141031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. 4133141031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 4133141031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. 4133141031 BAB 1.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. 4133141031 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. 4133141031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Numbered Head Together pada materi sistem indera di kelas XI IPA SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 menggunakan model Jigsaw dengan jumlah siswa 40 orang dam kelas XI IPA 2 menggunakan model NHT dengan jumlah siswa 42 orang. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Jigsaw (X) = 83,38 dengan nilai standar deviasi (SD) = 14,81 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Numbered Head Together (X) = 90,5 dengan nilai standar deviasi (SD) = 25,65. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan ɑ = 0,05 diperoleh t_hitung > t_tabel (2,174 > 1,994), sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil H_0 ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan Numbered Head Together pada materi sistem indera di kelas XI IPA SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 125 |
Keywords: | Hsil Belajar; Model Jigsaw; Model Numbered Head Together; Sistem indera |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 09:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26518 |