Sitompul, Lora Diorani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA MANUSIA DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.4132141013 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2.4132141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3.4132141013 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. 4132141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. 4132141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. 4132141013TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. 4132141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 4132141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. 4132141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. 4132141013 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. 4132141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pada materi sitem indra manusia di SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil postest, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 87,41 dan kelas kontrol 74,94. Hasil uji perbedaan rata-rata nilai post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan thitung (8,045) > ttabel (1,988). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 129 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26308 |