Sihotang, Nurhasanah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA N 1 KUTALIMBARU T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4131141032 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2 NIM. 4131141032 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4 NIM. 4131141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3 NIM. 4131141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5 NIM. 4131141032 CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6 NIM. 4131141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7 NIM. 4131141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8 NIM. 4131141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9 NIM. 4131141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13 NIM. 4131141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14 NIM. 4131141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan hasil belajar
dan kemampuan bertanya siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
numbered head together (NHT) pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA
SMA N 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2016/2107 yang
terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara
acak (random sampling) dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang yaitu kelas XI IPA 1
merupakan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered
head together (NHT) dengan jumlah siswa 40 orang sedangkan XI IPA 3 sebagai kelas
kontrol menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan jumlah siswa 40 orang. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata terlihat adanya pengaruh
hasil belajar dan kemampuan bertanya siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dimana nilai postest kelas siswa pada kelas
eksperimen sebesar 82,9 dan SD sebesar 6,3. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol
sebesar 79,25 dengan SD sebesar 5,86. Adanya pengaruh hasil belajar tersebut juga terbukti
melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05,
dimana thitung > ttab (6,66 > 2,001), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima.
Nilai rata-rata kemampuan bertanya siswa pada kelas eksperimen yaitu 60,5% dengan
predikat cukup baik dan kelas kontrol 32,5% dengan predikat kurang baik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar dan kemampuan
bertanya siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA N
1Kutalimbaru Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 133 |
Keywords: | MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 11:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26305 |