Simangunsong, Tohap (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN MEMORI JANGKA PANJANG SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133341017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM 4133341017 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4133341017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 4133341017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM 4133341017 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM 4133341017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4133341017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM 4133341017 BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM 4133341017 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 4133341017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Strategi Mnemonic untuk Meningkatkan Memori Jangka Panjang Siswa dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa untuk kelas mnemonic dan 36 siswa untuk kelas pembelajaran langsung. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan realibilitasnya yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar dan daya ingat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan daya ingat siswa antara yang diajarkan menggunakan strategi mnemonic dengan pembelajaran langsung. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas rata-rata retes kelas mnemonik menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti data berdistribusi tidak normal sedangkan pada kelas pembelajaran langsung nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang juga berarti data tidak berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas rata-rata retes kedua kelas menggunakan uji Levene statistic menunjukkan nilai signifikansi 0,179 > 0,05 yang berarti data homogen (seragam). Uji hipotesis dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata daya ingat kedua kelompok tersebut diperoleh nilai signifikansi (p) = 0,342 lebih besar dari 0,05 dengan data retensi kelas mnemonic R = 101,079; SD = 14,664 memiliki rata-rata lebih kecil dari data retensi kelas pembelajaran langsung R = 103.022; SD = 12,492; berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan daya ingat siswa pada materi sistem reproduksi yang diajarkan dengan strategi mnemonic dan pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 082 |
Keywords: | Daya Ingat; Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Langsung; Retensi; Strategi Mnemonic |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26290 |