Bukit, Charolus (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123141013 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4123141013 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
3 NIM 4123141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4 NIM 4123141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5 NIM 4123141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6 NIM 4123141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7 NIM 4123141013 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8 NIM 41231410913 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9 NIM 4123141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13 NIM 4123141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14 NIM 41231013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Miskonsepsi siswa dianalisis berdasarkan indikator pada materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu yang telah mempelajari materi sel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling. Dari 5 kelas dengan jumlah total 178 diambil 2 kelas sampel dengan jumlah total sebanyak 62 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik dua dimensi pilihan berganda dan angket. Skor tertinggi pada test dua dimensi yang dicapai seorang siswa adalah +3 dan yang terendah adalah -1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi siswa pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017 sebesar 34,72% dikategorikan miskonsepsi Rendah. Miskonsepsi siswa berdasarkan indikator pada materi sel yang paling banyak terdapat pada indikator menjelaskan organel sel tumbuhan dan sel hewan. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi pelajaran sel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 079 |
Keywords: | Pelajaran Biologi; sel; Miskonsepsi Siswa; Tes Diagnostik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26288 |