Simamora, Endang Mariana (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI POKOK HEWAN VERTEBRATA DI KELAS X-3 SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132141004 COVER .pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4132141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM 4132141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4. NIM 4132141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 4132141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
6. NIM 4132141004 TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 4132141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4132141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4132141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM 4132141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4132141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada sub materi pokok hewan vertebrata melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2016/1017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah X MIA 3 yang berjumlah 40 orang siswa. Pengamatan aktivitas siswa dilakukan oleh 3 observer masing-masing observer mengamati 13 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71 dan ketuntasan secara klasikal 57.50% (tidak tuntas), pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76.25 dan ketuntasan secara klasikal 75% (tidak tuntas), pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 82.25 dan ketuntasan secara klasikal 87.5% (tuntas).
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap siklus, secara klasikal aktivitas bekerjasama dengan kelompok dari siklus I sampai III meningkat 6.50%, tanggungjawab meningkat dari siklus I sampai III 5.50%, Keaktifan mengerjakan tugas dari siklus I sampai III meningkat 5.50%, keaktifan mengerjakan tugas dari siklus I sampai III meningkat 5.50%, partisipasi dalam Pembelajaran meningkat dari siklus I sampai III 8.00%, menghargai pendapat orang lain meningkat dari siklus I sampai III 4.50%. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa pada materi pokok hewan vertberata dari siklus I sampai siklus III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 071 |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif; Think pair share |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26262 |