Harahap, Ayusni (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI MEDIA POWER POINT DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4131131009 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 4131131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM. 4131131009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 4131131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM. 4131131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 4131131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4131131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4131131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 4131131009 BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM. 4131131009 BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. NIM. 4131131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran dengan perbedaan media yaitu menggunakan media power point dan media macromedia flash terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara Purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi media power point dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi media macromedia flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 20 soal yang telah diuji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda dan non tes untuk kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t-dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji t-dua pihak untuk rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I diperoleh sebesar 81,43 dan kelas eksperimen II sebesar 77,43. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh pada kelas eksperimen I sebesar 74,43 dan kelas eksperimen II sebesar 68,14. Untuk uji korelasi antara kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I diperoleh rhitung > rtabel (0,463 > 0,334) dengan kontribusi sebanyak 21,45% dan pada kelas eksperimen II diperoleh rhitung > rtabel (0,534 > 0,334) dengan kontribusi sebanyak 28,53%. Berdasarkan hasil analisis data, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi media power point dan media macromedia flash, 2) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi media power point dan media macromedia flash, 3) ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi media power point dan macromedia flash.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 051 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Media Power Point; Media Macromedia Flash; Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26209 |