Ramadhani, Febrina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321030 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4133321030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM 4133321030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 4133321030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4133321030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 4133321030 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4133321030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4133321030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4133321030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM 4133321030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4133321030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation, mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran
langsung, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang
diambil dengan teknik class random sampling. Instrumen dalam penelitian ini
yaitu tes hasil belajar dalam ranah kognitif dalam bentuk pilihan berganda dengan
jumlah 15 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk
menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas.
Nilai rata-rata pretes siswa pada kelas eksperimen sebesar 30,10 dan nilai
rata-rata postes sebesar 70,53. Nilai rata-rata pretes siswa pada kelas kontrol
sebesar 28,18 dan nilai rata-rata postes sebesar 65,16. Aktivitas siswa selama
proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation mengalami peningkatan untuk lima aspek penilaian pada setiap
pertemuan, dengan kategori cukup aktif untuk aspek I dan II, sedangkan aspek III,
IV, dan V termasuk dalam kategori aktif. Dari hasil uji hipotesis t satu pihak
diperoleh thitung = 1,90 > ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap
hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri
1 Labuhan Deli T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 139 |
Keywords: | Kooperatif tipe group investigation, Hasil belajar, Aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26196 |