Sari, Juwita (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA N 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 JUWITA SARI 4133321059 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02 JUWITA SARI 4133321059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
03 JUWITA SARI 4133321059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04 JUWITA SARI 4133321059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
05 JUWITA SARI 4133321059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
06 JUWITA SARI 4133321059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07 JUWITA SARI 4133321059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08 JUWITA SARI 4133321059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 JUWITA SARI 4133321059 BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13 JUWITA SARI 4133321059 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14 JUWITA SARI 4133321059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA N 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A. 2016 / 2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 10 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator dan juga telah di validitas ramalan pada siswa kelas XI-MIA 3 di SMA Negeri 1 Stabat. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,62, dan nilai rata-rata postes 75,34 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 29,37, dan nilai rata-rata 68,75. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II semester II SMA N 1 Hinai Kabupaten Langkat T.A 2016/2017. Selain itu hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan aktivitas masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 122 |
Keywords: | Model problem based learning; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26039 |