Hasni, Wella Syaftia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4131121046 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2 NIM 4131121046 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3 NIM 4131121046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4 NIM 4131121046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5 NIM 4131121046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6 NIM 4131121046 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7 NIM 4131121046 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4131121046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9 NIM 4131121046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13 NIM 4131121046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14 NIM 4131121046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok fluida dinamis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMAN 3 Medan yang terdiri dari 15 kelas. Sampel diambil dua kelas dengan teknik Cluster Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 9 = 37 orang dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 8 = 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes hasil belajar; 2) lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar berjumlah 7 item dalam bentuk essai. Tes hasil belajar telah divalidasi oleh validator. Teknik analasis data yang digunakan adalah uji t pada α = 0,05. Dari hasil analisis pretes diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen = 26,92 dengan standar deviasi 10,03 dan kelas kontrol = 26,70 dengan standar deviasi 8,76. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan, pada pertemuan I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 67%, pada pertemuan II sebesar 71%, pada pertemuan III sebesar 72% dan pada pertemuan IV sebesar 73%. Rata-rata nilai aktivitas siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV adalah 71% termasuk dalam kategori baik. Hasil yang diperoleh dari postes, nilai rata rata postes kelas eksperimen = 75,32 dengan standar deviasi 8,84 dan kelas kontrol = 69,41 dengan standar deviasi 6,44. Analisis perhitungan uji t diperoleh thitung=3,26 dan ttabel=1,66 (thitung> ttabel ), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida dinamis kelas XI semester II di SMA Negeri 3 Medan TP.2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 114 |
Keywords: | fluida dinamis; group investigation; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25956 |