Sihombing, Anju Efreddi (2017) PENGARUH MODEL BERPIKIR INDUKTIF (INDUCTIVE THINKING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRIS DI KELAS X SEMESTER II SMAN 20 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321013 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM 4133321013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 4133321013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM 4133321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 4133321013 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4133321013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4133321013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4133321013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM 4133321013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM 4133321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif (inductive thinking) dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometris kelas X semester II SMA Negeri 20 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X-MS semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X-MS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas X-MS 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 10 soal yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 47,65 dan kelas kontrol adalah 46,67; nilai rata-rata postes kelas eksperimen 82,70 dan kelas kontrol 70,80. Nilai rata-rata sikap siswa dalam pembelajaran pada pertemuan I sebesar 70,1; pertemuan II sebesar 74,1; pertemuan III sebesar 80,7 dan pertemuan IV sebesar 83,8. Nilai rata-rata keterampilan siswa dalam pembelajaran pada pertemuan I sebesar 78,7; pertemuan II sebesar 80,4; pertemuan III sebesar 84,6; dan pertemuan IV sebesar 88,9. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,021 > 1,668). Dimana = 0,05 artinya H0 nya ditolak dan Ha nya diterima sehingga ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berpikir induktif (inductive thinking) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometris di kelas X semester II SMA Negeri 20 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 091 |
Keywords: | Berpikir induktif; Hasil belajar; Optika geometris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:48 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25894 |