Fazzirin, Vera Amalia (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI POKOK KLASIFIKASI TUMBUHAN SESUAI KEBUTUHAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X MAN 1 MEDAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141084 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4133141084 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 4133141084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 4133141084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4133141084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 4133141084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM. 4133141084 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4133141084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4133141084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM 4133141084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 4133141084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) materi pokok Klasifikasi Tumbuhan sesuai kebutuhan pengalaman belajar biologi kelas X MAN 1 MEDAN berbasis pendekatan ilmiah berdasarkan penilaian dari ahli dan respon siswa.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan four-D (4-D) (Define, Design, Develop, dan Dissiminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Tiga tahap penelitian ini dimulai dengan analisis kebutuhan, melakukan rancangan terhadap desain isi LKPD, kemudian melakukan pengembangan LKPD itu sendiri sesuai dengan karakteristiknya. Produk yang telah sampai tahap pengembangan divalidasi oleh dosen ahli dan direspon oleh 25 siswa Kelas X SMA/MA. Penilaian kualitas oleh ahli menggunakan istrumen penilaian skala 5 dan instrumen respon untuk siswa menggunakan skala 2 yaitu dengan ceklis YA atau TIDAK. Hasil penilaian yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistika deskriptif yang akan menentukan kualitas LKPD berbasis Pendekatan Ilmiah yang dikembangkan.
Hasil penilaian yang diperoleh dari ahli konstruksi mendapat total skor rata-rata 80 memiliki kualitas Baik. Penilaian dari ahli isi mendapatkan nilai 96,4 dengan kualitas Sangat Baik. Berdasarkan respon dari siswa mendapatkan skor total 336 dan untuk rata-ratanya 95,8 sehingga LKPD yang dikembangkan sudah baik untuk dikategorikan sebagai LKPD dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 137 |
Keywords: | Pendekatan Ilmiah; LKPD; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:58 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25817 |