Yusepha, Trisa Dea (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK INTENSIF DENGAN MEDIA SUPERHERO TERHADAP PENURUNAN EMPATI SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 35 10MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151045_COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 1133151045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 1133151045_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 1133151045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1133151045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1133151045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1133151045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133151045_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
12. NIM. 1133151045_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM. 1133151045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok intensif dengan media superhero terhadap pengurangan
kecemasan belajar siswa kelas VII-1 SMP Negeri 35 Medan. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Maret s/d Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1. Sampel
ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang yang
berasal dari kelas VII-1 dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan angket kecemasan belajar berjumlah 33 item
pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan
uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 10 dengan = 0,05, adapun
J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 10 > 8. Artinya
hipotesis diterima. Data pre-test kecemasan belajar diperoleh skor rata-rata 87,8,
sedangkan data post-test kecemasan belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 64,8.
Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok
intensif dengan media superhero lebih rendah daripada sebelum mendapat
layanan konseling kelompok intensif dengan media superhero. Layanan
konseling kelompok intensif dengan media superhero memberikan kontribusi
sebesar 26,19% terhadap penurunan kecemasan belajar siswa kelas VII-1 SMP
Negeri 35 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 023 |
Keywords: | Konseling kelompok; media superhero; kecemasan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:43 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25689 |