Ostina, Lumbanbatu (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA KELAS X SMK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123341026 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5123341026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM. 5123341026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM. 5123341026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 5123341026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 5123341026 TABLES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7. NIM. 5123341026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 5123341026 STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5123341026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 5123341026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
14. NIM. 5123341026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. NIM. 5123341026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Ispring Presenter pada mata pelajaran menggambar busana dan mengetahui kelayakan atau efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Ispring Presenter pada mata pelajaran menggambar busana kelas X Tata Busana SMK Bintang Timur Pematangsiantar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahap atau prosedur yang sudah diadaptasi dari pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) Analisis kebutuhan; (2) Mengembangkan produk; (3) Validasi ahli dan revisi; (4) Uji coba kelompok kecil; (5) Uji coba kelompok sedang; (6) Uji coba kelompok besar; (7) Produk akhir. Validasi ahli terdiri dari 2 ahli media pembelajaran dan 2 ahli materi menggambar busana. Cara pengambilan sampel untuk uji coba kelompok kecil, sedang dan besar menggunakan teknik Random sampling, maka didapat 5 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, 10 orang siswa untuk uji coba kelompok sedang dan 19 orang siswa untuk uji coba kelompok besar. Instrumen penggumpulan data menggunakan angket; angket kebutuhan dan angket efektifitas untuk siswa dan guru, teknik analisa data menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Ispring Presenter pada mata pelajaran menggambar busana ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu 1) hasil penilaian Ahli Media dengan persentase hasil penilaian 80,62% dengan kriteria “Setuju” dan hasil penilaian Ahli Materi dengan persentase hasil penilaian 97,01%, dengan kriteria “Sangat setuju”, 2) hasil penilaian uji coba Kelompok Kecil dengan persentase hasil penilaian 71,06%, dengan kriteria “ Setuju”, uji coba Kelompok Sedang dengan persentase hasil penilaian 80,26%, dengan kriteria “Sangat Setuju”, dan uji coba Kelompok Besar dengan persentase hasil penilaian 81,31% dengan kriteria “Sangat Setuju”, 3) uji coba efektivitas siswa dengan persentase hasil penilaian 79,54% dengan kriteria “ Setuju”, dan uji efektivitas Guru dengan persentase hasil penilaian 98% dengan kriteria “Sangat Setuju”. Dengan demikian, pengembanagan media berbasis multimedia interaktif menggunakan Ispring Presenter Pada Mata pelajaran Menggambar Busana Kelas X Tata Busana SMK Bintang Timur Pematangsiantar dianggap efektif dan layak untuk dijadikan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BSN 024 |
Keywords: | Pengembangan Multimedia Interaktif Ispring Presenter;Efektifitas Media Ispring Presenter;Mata Pelajaran Menggambar Busana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture > NA2000 Study and teaching. Research N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25567 |