Situmorang, Andreas (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131005 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4131131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM. 4131131005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4131131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 4131131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 4131131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 4131131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 4131131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 4131131005 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM. 4131131005 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4131131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan melihat aspek kognitif manakah yang paling terkembangkan di kelas eksperimen pada materi larutan penyangga, Adapun jenis penelitian ini yaitu Penelitian Eksperimental yang dilakukan pretest dan postest group design. Sampel yang digunakan dalam penelitain ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri di salah satu sekolah wilayah Deli Serdang tahun ajaran 2016/2017 diambil sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas Eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study dengan macromedia flash, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik adalah tes objektif berupa pilihan ganda. 40 soal yang divalidkan dan diperoleh 20 butir soal yang valid dengan reliabilitas 0,795, berdasarkan uji persyaratan parametrik diketahui bahwa data pretest, posttest, gain ternormalisasi (N-gain) berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan untuk (N=36) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel (6,61 > 1,668). Artinnya H_o ditolak danH_a diterima yang berarti siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Lesson Study dengan Macromedia Flash lebih tinggi peningkatan hasil belajarnya dibandingkan dengan model konvensional. Aspek kognitif yang paling terkembangkan dikelas Eksperimen yang dibelajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis lesson study menggunakan Macromedia Flash adalah aspek kognitif C4 (Analisis) sebesar 90 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 031 |
Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL); Lesson Study; Macromedia Flash; Peningkatan Hasil Belajar; Aspek Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:52 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25526 |