Ikhwana, Raisyah (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111034 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4131111034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 4131111034 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 4131111034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. NIM 4131111034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 4131111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 4131111034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4131111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4131111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
10. NIM 4131111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
14. NIM 4131111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. NIM 4131111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan metode quasi eksperimen, dengan populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan sebanyak 9 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari hasil pengolahan data diperoleh pada hasil posttest rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 24,2571 untuk kelas eksperimen I dan 22,3611 untuk kelas eksperimen II. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji t dengan diperoleh (2,2698) > (1,6685). Hal ini menunjukkan bahwa berada di luar penerimaan H0¬ maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak berarti diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 069 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematis; TPS; TGT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25461 |